top of page
Search
  • Writer's pictureRelung Makna

Listen to You! (30-Nov-19)

Listen to YOU! adalah rangkaian acara Relung Makna yang dirancang untuk mengajak peserta untuk 'mendengar' dan lebih peka terdapat kebutuhan tubuh, pikiran, dan perasaannya sendiri. Setiap acara mempunyai temanya sendiri, dan di penghujung tahun 2019, tema yang diusung adalah 'Self-Exploration'.


Workshop berdurasi setengah hari ini diadakan di hotel Yello Manggarai tanggal 30 November 2019 dan diikuti oleh enam peserta dari berbagai profesi dan umur, yang termuda adalah siswa SMP.


Setelah mendengar penjelasan fasilitator, peserta diajak untuk mendengar dirinya sendiri lewat aktivitas body movement. Ada beberapa variasi aktivitas body movement yang dilakukan, mulai dari bergerak bebas dengan musik hingga berbaring dan mengamati diri. Berikutnya, peserta mengekspresikan dirinya di atas kertas dalam format bebas, baik menulis dan/atau menggambar.


Jadi, apa hasil dari workshop ini? Ternyata bervariasi. Salah seorang peserta berkomentar bahwa acara ini sangat bagus untuk melepas ketegangan tubuh, terutama bagi mereka yang pekerjaannya sehari-hari memberi tekanan yang bisa menyebabkan stres. Seorang peserta lain terpanggil untuk kembali menekuni passion lama yang sudah ditinggalkan bertahun-tahun, yaitu menulis. Peserta lain mendapat kejelasan atas masalah yang sedang dihadapi lewat tulisannya sendiri.


Workshop ditutup setelah menikmati makan siang dan peserta mendapat oleh-oleh buku 'Ruang Eksplorasi Diri' berisi pertanyaan-pertanyaan untuk melanjutkan latihan 'mendengar' di rumah.




Sampai jumpa di workshop Relung Makna berikutnya.... happy new year 2020!

41 views
bottom of page